BAB I
Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMAN 58 Jakarta
dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For
Indonesia
Kelas: LG21
Nama Dosen: Ade Fadli Fachrul
Kode Dosen: D1987
Hari/Tanggal : Selasa, 13 Oktober 2015
Pukul : 08.00 - 12.00
Alamat : Jalan Raya Ciracas 2, Jakarta Timur
Tim yang hadir :
Ketua : Javier Joshua - 1701326362
Anggota : Desti Yusrini Putri - 1701339390
Pukul : 08.00 - 12.00
Alamat : Jalan Raya Ciracas 2, Jakarta Timur
Tim yang hadir :
Ketua : Javier Joshua - 1701326362
Anggota : Desti Yusrini Putri - 1701339390
Dita Dwiarti P. - 1701333235
Muhammad Zico - 1701350802
Tim yang tidak hadir:
Anggota : Muhammad Dang - 1701322780
Risyad Daroji - 1701350872
PIC : Ibu Iis Nurtaty
(dari kiri ke kanan: M. Zico, Desti, Javier, Dita)
(dari kiri ke kanan: Javier, Dita, Ibu Iis, M. Zico)
(dari kiri ke kanan: Desti, Dita, Javier, Ibu Iis)
BAB II
ISI
A. Persiapan Kegiatan
Pada hari Selasa, 13 Oktober 2015 merupakan hari pertama kami melaksanakan kegiatan Pendataan, Validasi, Realisasi KJP (Kartu Jakarta Pintar), 8355, Pendidikan, dan UN di SMAN 58 Jakarta. Pada hari Selasa tersebut, kami terlebih dahulu melakukan Pendataan KJP. Beberapa hari sebelumnya kami telah menyiapkan apa-apa saja yang harus dibawa pada saat kunjungan ke sekolah, seperti: Instrumen KJP, data anak yang mendapat KJP, dan Surat resmi dari Pemprov DKI Jakarta. Pada hari Selasa pukul 05.30 WIB kami semua sudah berkumpul di kampus BINUS Alam Sutera, dan kami langsung berangkat menuju lokasi agar terhindar dari kemacetan.
Kami tiba di SMAN 58 Jakarta sekitar pukul 07.00 WIB, sesampainya disana kami bertemu guru-guru yang bertugas sebagai piket, dan kami meminta ijin untuk bertemu Kepala Sekolah. Namun, karena Kepala Sekolah sedang ada pekerjaan, maka kami diantarkan kepada Wakil Kesiswaaan, Ibu Iis Nurtaty sebagai PIC kami selama di sekolah. Setelah kami bertemu Ibu Iis, kira-kira pukul 08.00 WIB, kami langsung membicarakan perihal kunjungan kami ke sekolah SMAN 58.
![]() |
(Ibu Iis sedang membaca Surat Resmi dari Pemprov DKI Jakarta) |
Setelah Ibu Iis membaca Surat dari Pemprov DKI Jakarta, beliau langsung mempersilahkan kami untuk melakukan kegiatan Pendataan KJP. Lalu kami diperbolehkan untuk memakai ruang Lab. Kimia untuk melaksanakan pendataan KJP
B. Metode yang digunakan
Kami mengambil 34 sampel dari total 73 anak yang mendapatkan KJP, untuk itu kami menggunakan metode kuisioner. Jadi kami membagikan instrumen KJP kepada siswa-siswi, lalu mereka mengisinya sendiri. Jika ada beberapa pertanyaan yang tidak mereka mengerti, mereka menanyakan kepada kami, lalu kami membantu untuk menjelaskan pertanyaan tersebut, Kami menggunakan metode ini karena ada sebagian siswa yang tidak bisa berlama-lama karena harus mengikuti kelas.
![]() |
(para siswa sedang mengisi instrumen KJP) |
Pengukuran kinerja yang kami gunakan adalah dengan menggunakan form evaluasi, For evaluasi ini merupakan peniliaian dari internal (kelompok kami) dan dari eksternal (PIC). Berikut adalah lampiran dari form evaluasi kami
BAB III
PENUTUP
Dari hasil kegiatan pendataan KJP ini, kami menjadi tahu tentang kegunaan KJP. Kami sangat mendukung dengan adanya program KJP ini, karena sangat membantu siswa-siswi yang kurang mampu namun punya keinginan besar untuk bersekolah.
Jumlah penerima KJP di SMAN 58 Jakarta, ada sebanyak 73 siswa. Namun kami hanya mengambil 34 siswa untuk dijadikan sampel, sesuai ketentuan yang diberikan oleh TFI
No comments:
Post a Comment