Sunday, 15 November 2015

Validasi Pendidikan dan UN di SMAN 58 Jakarta

BAB I
 Pendataan dan Validasi Pendidikan dan UN di SMAN 58 Jakarta dalam Penerapan
Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia









Kelas: LG21
Nama Dosen: Ade Fadli Fachrul
Kode Dosen: D1987
Hari/Tanggal : Rabu, 28 Oktober 2015
Pukul             : 07.00 - 10.00
Alamat           : Jalan Raya Ciracas 2, Jakarta Timur

Tim yang hadir :
Ketua      : Javier Joshua - 1701326362
Anggota  : Desti Yusrini Putri - 1701339390
Tim yang tidak hadir:
Anggota  : Muhammad Dang - 1701322780
                  Risyad Daroji       -  1701350872
                  Dita Dwiarti P.      - 1701333235
                  Muhammad Zico   - 1701350802
PIC          : Bapak Sumardji

BAB II
ISI

A. Persiapan Kegiatan 

Hari Rabu, 28 Oktober kami melakukan kunjungan ketiga kami sekaligus kunjungan yang terakhir ke SMAN 58 Jakarta. Kali ini kami ingin melakukan validasi pendidikan dan UN. Seperti minggu lalu, kami berkumpul pagi-pagi di Kampus BINUS Alam Sutera, kami berkumpul sekitar pukul 06.00 WIB. Namun, kali ini yang berkunjung ke sekolah hanya saya dan Desti, sedangkan teman-teman kami yang lain (Dita, Dang, Risyad, Zico) berhalangan hadir. Kami memutuskan untuk tetap melakukan kunjungan kesekolah walau hanya berdua.

Setibanya kami di SMAN 58, kali ini kami meminta ijin untuk menemui kepala Tata Usaha. Setelah kami bertemu dengan kepala TU, kami menjelaskan tentang validasi pendidikan yang harus diisi dan divalidasi oleh kepala TU, dan juga kami menanyakan apakah ada siswa kelas X yang pada saat UN kelas IX mendapat nilai dibawah 5,5 dan ingin mengulang.

B. Metode yang digunakan 

Kami memberikan form validasi pendidikan kepada Kepala TU, lalu beliau yang mengisi form tersebut, beliau melihat data-data dalam arsip sekolah lalu mengisi form validasi pendidikan tersebut. Untuk UN, kami menanyakan kepada beliau apakah ada siswa kelas 10 yang nilai UN kelas 9 dibawah 5,5 dan ingin mengulang. Ternyata tidak ada siswa yang mempunyai nilai dibawah 5,5 karena sekolah mempunyai standar nilai untuk dapat masuk menjadi siswa sekolah tersebut.



C. Pengukuran Kinerja
Kami menggunakan form evaluasi untuk mengukur kinerja kami, form ini adalah penilaian dari sisi internal (kelompok) dan eksternal (PIC). Berikut lampiran form evaluasi kelompok kami



BAB III
PENUTUP

Hasil dari kegiatan ini adalah, kami mendapatkan data-data tentang validasi pendidikan yang telah divalidasi dan diisi oleh kepala TU, dan untuk UN tidak ada siswa kelas X yang nilai UN kelas IX dibawah 5,5. 

Kami senang dapat membantu pemerintah DKI Jakarta untuk mem-validasi pendidikan dan UN ini.

No comments:

Post a Comment